Carolina Panthers
Carolina Panthers

Minggu, 20 Maret 2016

Gundaling's Hill

 Bagusnya Bukit Gundaling

Bukit Gundaling adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang berlokasi sekitar 60 KM dari kota Medan. Berada di pinggir kota Berastagi, Bukit Gundaling berada di ketinggian lebih dari 1,500 meter di atas permukaan laut. Apabila anda pernah pergi ke tempat wisata di Puncak, anda akan cepat terbiasa dengan suasana di Bukit Gundaling karena suasananya serupa dengan puncak. Yang unik dari Bukit Gundaling adalah kita dapat melihat pemandangan 2 gunung berapi di puncak Bukit Gundaling.



Gundaling adalah salah satu obyek wisata yang ada di Berastagi, yang berjarak kurang lebih 3 km dari pusat kota Brastagi. Tempat ini merupakan salah satu dari beberapa objek wisata yang melengkapi keindahan kota Berastagi yang ada di Sumatera Utara, dan tempat ini juga sangatlah nyaman sebagai tempat rekreasi keluarga dengan memiliki ketinggian 1575 meter dari permukaan laut, pengunjung dapat menikmati panorama gunung berapi Sibayak dan Sinabung.
Lokasi wisata Gundaling ini sudah dikenal sejak jaman penjajahan Belanda sebagai tempat rekreasi yang mengasyikan. asal mula kenapa dinamakan "Gundaling", menurut cerita masyarakat setempat, dahulu seorang tentara Negara asing kehilangan sebuah senjata kesayangannya disebuah bukit. Yang pada akhirnya tentara asing tersebut menuliskan sebuah kalimat “Gun Darling” dipuncak bukit tersebut sebagai bentuk ungkapan kesedihannya. Percaya atau tidak, namun begitulah sedikit cerita yang pada akhirnya bukit tersebut dinamakan “Gundaling”. Kini Gundaling dikenal sebagai kota Markisa dan Jeruk Manis di Brastagi yang merupakan daerah yang sejuk serta memiliki hamparan perladangan pertanian yang indah, luas dan hijau.


Sebelum menuju bukit Gundaling, tidak ada salahnya kalau pengunjung ingin singgah sejenak di pasar buah yang berada di Berastagi untuk mencicipi segelas air Tebu yang segar. Tebu yang berasal dari pertanian penduduk setempat ini memiliki warna merah kehitam-hitaman serta memiliki rasa yang sangat manis dan segar.Sebelum menuju puncak bukit Gundaling, para pengunjung juga dikenakan biaya retribusi yang dipungut oleh pihak pemerintah daerah setempat dipintu loket masuk menuju bukit Gundaling. Berjalan kaki sambil menyusuri puncak bukit Gundaling yang di tumbuhi pohon pinus akan menjadi sensasi tersendiri dan menyenangkan bagi para pengunjung karena pengunjung dapat menikmati udara yang begitu sejuk dan menyegarkan, tidak hanya pohon pinus saja, di sini juga terdapat taman yang banyak ditumbuhi oleh bunga-bunga yang indah serta patung-patung manusia yang mengenakan pakaian adat khas suku Batak Karo. Naah.... Ada lagi ni yang tak kalah seru dan menyenangkan, yaitu menikmati sensasi menunggang Kuda dan Delman untuk mengelilingi bukit Gundaling. Kalau Tertarik menunggangi kuda tersebut pengunjung dapat menyewanya pada penduduk setempat yang memang menyediakan jasa tersebut, dan pengunjung juga tidak perlu khawatir karena pemilik kuda akan terus berada menuntun kita mengelilingi bukit tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar